Laman

Sabtu, 15 Mei 2010

Sambel atau sambal yang bikin keringetan


Dingin dingin gini emang paling enak makan nasi ma sayur ditambah sambel yang puedes banget.
Dulu pas jaman masih sekolah aku emang termasuk orang yang keedanan ma yang namanya rasa pedes(sampe sekarang juga masih cuman rada dikurangin karena suka sakit perut),sampe sampe kalau beli lotek ke warung sebelah rumah suka bela belain bawa cabe sendiri dari rumah,belum lagi kalau beli bakso atau mie Ayam yang lewat didepan rumah suka diomelin ma si mas yang jualan karena ngambil sambelnya nggak kira-kira(bisa sampe 10 sendok lebih).
Nggak tahu kenapa ya kok sampe gila banget ma yang namanya pedes,dan karena itu pula sejak kecil aku udah bisa bikin sambel sendiri,dari yang namanya sambel tolenjeng/goang itu tu sambel ya cuma pake cabe rawit ma bawang merah yang pas banget kalau dimakan ma sayur lodeh lalabnya pete ma jengkol wuih sedep banget dah.
Terus sambel terasi mulai dari yang pake cabe ma bawang mentah dan terasinya di bakar(di bubui@sunda mode on),atau yang digoreng atau di bubui dulu semua bahannya baru dihaluskan yang pas banget kalau buat nemenin makan ditambah ma sayur asem,ikan asin,tempe goreng waduh ma jadi lapar neh.
Ada lagi sambel goreng,sambel yang semua bahannya dihaluskan dulu baru digoreng ditambah laja,daun salam,ma sereh,nah kalau yang ini bisa awet sampe beberapa hari,karena bisa panasin dan nggak merubah cita rasa.Sambal ini pas banget kalau buat makan ma sayur bersantan.
kalau lagi males aku juga suka bikin sambel kecap karena mudah tinggal ngiris cabe rawit ma bawang terus dikecapin deh,sambel ini enaknya sama sayur sop atau buat sambel sate juga enak.
Kalian pernah makan lotek nggak atau gado gado mungkin,nah kalau yang ini pake sambel kacang,karena memakai kacang tanah yang telah digoreng sebagai bahan campurannya.Sambel kacang juga dipakai temen untuk sate madura.
Kalau kerumah makan padang paling seneng kalau pas makan , sambel hijau ma lalab daun singkongnya dibanyakin,sambelnya lumayan pedes karena terbuat dari cabe keriting hijau di tambah cabe rawit.
Pernah juga pas mudik pulang ke ciamis di tengah perjalanan istirahat terus makan didaerah antara nagrek dan malangbong menunya ada sambel hijau tapi yang ini namanya sambel cibiuk(karena berasal dari daerah cibiuk garut)unik banget rasanya karena memakai kencur,daun kemangi dan daun pohpohan sebagai bahan campurannya.
Sebenernya masih banyak banget sambel di indonesia karena kultur dan budaya negara kita sangat beragam tapi udahlah sampe disini dulu ngebahas sambelnya mamanya dean lagi nyambel nih, makan dulu ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar