Laman

Jumat, 14 Mei 2010

Oh Tempe Oh Tahu Apa jadinya bila tak ada dirimu



Seperti judul diatas aku memang udah sehati banget sama tempe dan tahu,mungkin karena sejak jaman baheula waktu aku masih bayi atau mungkin sebelum aku lahir orang tuaku dan para leluhurnya udah tiap waktu makan tempe ma tahu.
Tempe dan Tahu yang bahan utamanya dari kedelai emang udah sangat pouler dinegeri ini karena konon tempe memang asli makanan dari indonesia,sedangkan tahu walaupun asli makanan dari negeri Tirai bambu sono namun keberadaanya juga udah ada dari dulu .Dari kampung sampe kota-kota besar pasti akan mudah ditemui pabrik pembuatan tempe dan tahu, dari cara yang sederhana sampe yang paling maju udah banyak banget diterapin buat bikin ni makanan.
Tempe selain mempunyai kandungan gizi yang tinggi juga bisa untuk menyembuhkan diare akut dan penderita gizi buruk,buat kalian yang pingin awet muda ,kalian juga harus rajin makan tempe karena telah terbukti mampu menghambat proses penuaan,hebat bener ya ni tempe bisa jadi obat awet muda.
Nah menurut kalian makanan apa yang paling pas kalau disajikan dengan tempe goreng yang panas,kalau menurutku sayur asem yang dipadu dengan sambal terasi yang super pedas ditambah ikan asin dan nasinya masih panas wuih sedapnya, jadi lapar nih perut.
Tapi bukan hanya itu aja sih karena masih sangat banyak sekali olahan yang bisa dibuat dari tempe.
Sedangkan Tahu kalau menurutku paling enak digoreng setengang garing lalu dipotong kotak(terserah selera sih)lalu dicampur dengan sambal kacang(yang diramu dengan bawang putih dan cabe),kecap manis ditambah toge(kecambah kacang hijau),kol yang diris kecil terus dikasih irisan ketimun,krupuk yang diremukkan dan bawang goreng ditabur diatasnya,kalu mau dikasih telur rebus dimakannya sama lontong atau nasi wuih sedep bener!!,kalau aku dan keluarga namain ni makanan "tahu campur".
Tapi itu sih suka suka aku ya,karena sama kayak tempe di indonesia tahu juga banyak sekali variasi jenis makanannya.
Tahu juga banyak banget jenisnya di Indonesia dari tahu biasa(kuning atau putih warnanya)yang ada di setiap pasar,sampai tahu jepang,tahu dongkal(suatu daerah di kab pemalang),tahu kediri,tahu sumedang,yang enaknya dimakan ma cabe rawit mentah dan banyak lagi,karena tahu biasanya dikenal sesuai nama daerah pembuatannya.
Sedangkan Tempe sih yang aku tahu ada yang terbuat dari biji kara benguk,biji bunga kecipir,kacang merah,dan lain walaupun yang lebih populer ya yang bahannya dari kedelai.
Oke deh sampe disini dulu bahas tempe dan tahu moga-moga bisa jadi sedikit masukkan buat kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar